Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Proposal Serta Contohnya


I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang

Entrepreneurship adalah sebuah konsep tentang mengembangkan dan mengelola usaha bisnis dengan harapan untuk memperoleh keuntungan dengan  mengambil resiko dalam dunia perekonomian. Singkatnya, entrepreneurship adalah keinginan seseorang untuk memulai bisnis baru dan kerelaannya untuk bekerja bagi diri sendiri. Entrepreneurship memainkan peran penting dalam perkembangan perekonomian suatu negara. Entrepreneur sering diartikan sebagai seorang innovator. Keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang entrepreneur sukses adalah inovasi dan kemampuan untuk membuat ide baru yang kreatif. Seorang entrepreneur juga harus memiliki kualitas untuk menjadi seorang pemimpin dan mengerti bagaimana cara untuk memimpin teamnya agar bersatu dan mendapatkan keuntungan maksimum.

Dalam hal ini mahasiswa STT Tabernakel Indonesia (STTIA) Surabaya Semester VIII Prodi Teologi akan menjalankan kegiatan jualan kopi di lingkungan gedung STTIA . acara ini bertujuan untuk mengasah pengetahuan Mahasiswa STT Tabernakel khususnya semester VII prodi Teologi untuk dapat menjadi seorang bisnismen yang rohani untuk mendukung kebutuhan-kebutuhan pelayanan. Disamping itu acara ini dilakukan untuk memenuhi praktek mata kuliah Enterprenersip di STT Tabernakel Indonesia.

 

B.     Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dari terselenggaranya kegiatan jualan kopi ini adalah sebagai berikut:

·         Dapat memperkuat tali silaturahmi antara mahasiswa STT Tabernakel Indonesia (STTIA) Semester VIII Prodi Teologi

·         Memberikan ruang dan waktu kepada para mahasiswa dalam mengembangkan bakat mereka.

·         Sebagai bahan pelajaran untuk melakukan bisnis yang rohani, untuk keperluan pelayanan.

·         Membantu anak-anak panti yang akan ditemui setelah kegiatan terlaksana, dengan mendonasikan uang hasil penjualan.

II

ISI PROPOSAL

 

A.    Tema Kegiatan

Adapun tema yang merupakan pendorong dari sebuah kegiatan ini adalah “KERJALAH SEPERTI UNTUK TUHAN!”. Tema ini diangkat dengan di dasarkan pada ayat Alkitab Kolose 3:23. Pada kesempatan kali ini seluruh mahasiswa semeter VIII Teologi akan mengaplikasikan firman Tuhan ini dalam bentuk usaha kecil-kecilan guna untuk melatih setiap mahasiswa Semeseter VIII Teologi tidak lebih mencintai uang dari pada pelayanan.

 

B.     Macam-Macam Kegiatan

Ada berangan kegiantan yang sebenarnya akan diadakan. Namun untuk percobaan pertama, maka satu kegiatan utama yang kuota peluangnya besar mengingat waktu dan juga jangkauan dari penjualannya yang terbatas yaitu pengjualan KOPI.

 

C.     Peralatan dan  Bahan yang Dibutuhkan

1.      Mixer Kecil

2.      Berbagai macam kopi Sachet

3.      Air

4.      Cup/gelas

 

D.    Tempat dan Waktu Kegiatan acara

Adapun rencana tempat dan waktu pelaksanaan dari kegiatan penjualan kopi ini yaitu sebagai berikut:

Kegiatan ini akan dilaksanakan di Gedung STT Tabernakel Indonesia (STTIA) Surabaya, Jl. Johor No. 47 Surabaya Lantai III. Waktu penjualannyapun tidak dapat di batasi, sebab kapan ada orang yang memesan, baik itu mahasiswa, dosen, staff, penatua, staff pengembalaan dan lain sebagainya akan dilayani dengan sepenuh hati.

 

E.     Anggaran Dana

Untuk dapat berjalannya kegiatan penjualan kopi ini sesuai dengan yang diharapkan oleh mahasiswa semester VIII Teologi, maka dibutuhkan anggaran biaya yang menunjang kegiatan ini. Adapun anggaran biaya yang telah diperhitungkan oleh para panitia pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai berikut:

1.      Pemasukan Kegiatan

a.       Dana partisipan Mahasiswa Semester VIII Teologi: Rp. 150.000

 

2.      Biaya Pengeluaran

a.       Mixer Kecil                       : Rp.

b.      Berbagai Macam Kopi      : Rp.

c.       Air                                     : Rp.

d.      Cup/Gelas                         : Rp.

 

3.      Harga Jual/Gelas

Adapaun nilai harga jual yang telah disepakati oleh Mahasiswa Semester VIII Teologi adalah Rp. 3.000,00 / Gelas. Dengan harga demikian, maka pemasarannya biasa menjangkau keuangan sasaran pelanggan seperti Mahasiswa, dan lain sebagainya.


III. PENUTUP

 

Demikian proposal kegiatan penjualan kopi ini dibuat. Kami berharap partisipasi serta dukungan dari pihak sekolah dan sponsor. Semoga kegiatan acara penjualan kopi Mahasiswa Semester VIII Teologi Surabaya dapat berjalan dengan baik dan lancar seperti yang kita harapkan sebab keuntungan yang diperoleh akan dipersembahkan buat Tuhan lewat panti asuhan yang akan kami kunjungi. Atas perhatian serta kerjasamanya, kami mengucapkan terimakasih.

 

 

PROPOSAL
KEGIATAN PENJUALAN KOPI MAHASISWA SEMESTER VIII TEOLOGI SURABAYA DALAM RANGKA MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH ENTERPRENEURSIP DAN JUGA MELATIH MELAKUKAN BISNIS ROHANI UNTUK MENDUKUNG PELAYANAN

 

 

Disahkan di :
Surabaya, 17 Maret 2023

Mengetahui,



 

Ketua Kelas (Direktur)                                                    Bendahara (Managemen Keuangan)

Onesiporus P. Lase                                                              Roy Yan Pradita

 

 

 

 

Dosen Pengampuh (Pembina)
Budi Santosa, M.A., M.Th